dijamin jitu.........................

Kamis, 16 Juli 2009

Pengelompokan Hama

Berdasarkan tingkat kerugian
a. Hama utama adalah hama yang selalu berada pada tanaman yang intensitas serangannya tinggi dan populasi yang tinggi pula sehingga akan menimbulkan kerusakan secara ekonomi pada petani apabila tidak dilakukan pengendalian.
b. Hama sewaktu-waktu adalah hama yang selalu ada tetapi relatif kurang penting karena tingkat kerusakan yang ada masih dapat ditoleransi oleh tanaman namun sewaktu-waktu dapat meningkat dan melampaui ambang ekonomi.
c. Hama potensial merupakan kelompok besar serangga herbivora yang bersaing mendapatkan makanan dalam kewadaan pengelolaan agroekosistem yang normal. Hama ini tidak pernah mendatangkan kerugian secara ekonomi namun mempunyai potensi untuk menjadi hama.



Hubungan Kisaran Inang Dengan Tanaman Inang
a. Hama monofag adalah hama yang menyerang satu spesies tanaman inang, ex : Scirphopaga innotata
b. Hama oligofag adalah hama yang memiliki banyak inang tetapi masih dalam satu famili ex: Plutella xylostella pada kubis- kubisan
c. Hama polyphag adalah hama yang memiliki banyak inang dengan berbagai famili tanaman ex: Spodortera litura

Interaksi Antara Hama dan Tanaman Inang
Menurut Kogan (1984)
1. Penemuan habitat serangga dewasa menyebar untuk menentukan habitatnya. Penemuan ini disebabkan oleh faktor lingkungan.
2. Penemuan inang. Pada rangkaian ini serangga menemukan tanaman inang karena adanya rangsangan dikeluarkan oleh tanama seperti bentuk atau warna.
3. Pengenalan Inang. Jika serangga telah menemukan tanaman inang maka rangsangan jarak pendek yang dikeluarkan oleh tanaman inang menyebabkan serangga menetap pada tempat tersebut.
4. Penerimaan inang. Pada rangkaian ini serangga mencoba mencicipi atau meraba tanaman untuk mengetahui kesesuaian sebagai makanan.
5. Kecocokan tanaman inang. Nilai tertentu dan kandungan zat beracun yang terdapat didalam tanaman yang bmenentukan tanaman tersebut cocok sebagai makanan, untuk pertumbuhan dan perkembang biakan secara optimal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Pengikut