dijamin jitu.........................

Minggu, 02 Agustus 2009

CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration)

CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) disebut juga dengan nama Citrus Huang Lung Bing adalah penyakit pada tanaman jeruk yang disebabkan oleh bakteri Liberobacter asiaticum dan ditularkan oleh serangga Diaphorina citri (Homoptera ;Psyllidae).
gejala menampakkan pada tanaman terjadi klorosis pada tanaman yang sakit dan gejala yang khas adalah terjadiny degenerasi pada floem tulang daun.
CVPD tidak dapat menular secara mekanis dengan gosokan. Tetapi terdapat tanda-tanda bahwa penyakit dapat menular dengan perantaraan alat-alat pertanian seperti gunting pangkas, pisau okulasi dan gergaji.
Di alam penyakit terutama ditularkan oleh serangga Diaphorina citri Kuway. Semula dikira bahwa penularan CVPD dilakukan oleh D. citri bersama-sama dengan kutu daun Toxoptera citricida. Namun akhirnya terbukti bahwa hanya D. citri yang berperan dalam penularannya. Meskipun serangga tersebut tidak dapat terbang jauh, karena panjangnya umur tanaman sakit, kesempatan menularnya penyakit oleh D. citri cukup besar. Penularan terjadi terutama terutama pada saat tanaman membentuk banyak kuncup, menurut Mahfud (1985), serangga tersebut baru dapat menularkan CVPD ke tanaman sehat setelah mengisap tanaman sakit selama 48 jam, lalu mengisap tanamn sehat selama 360 jam Di dataran tinggi Diaphorina kurang aktif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Pengikut