dijamin jitu.........................

Minggu, 02 Agustus 2009

Jenis-jenis gulma yang berasosiasi dengan serangga antara lain :

o Imperata cylindrica (Alang-alang) berasosiasi dengan hama Valanga nigricornis (Belalang), Sexava (Belalang pedang), Nilaparvata lugens (Wereng coklat), serta predator Stagmomantis carolina (Belalang sembah), Lycosa pseduannulata (Laba-laba).

o Acalypha australis (Anting-anting) berasosiasi dengan serangga Aphis sp. (Kutu daun), Nephotettix virescens (Wereng hijau), dan Locusta sp. serta berasosiasi dengan musuh alami Laba-laba.

o Tagetes patula (Bunga tai ayam) berasosiasi dengan Lyriomyza hoidobrensis (lalat penggerek daun)

o Ageratum conyzoides (Babadotan) berasosiasi dengan musuh alami Diadegma semiclausum (parasitoid Plutella xylostella) dan Opius sp, (Parasitoid lalat buah).

o Oxalis corniculata dapat menjadi shalter Aphis sp., Valanga nigricornis (Belalang), Nilaparvata lugens (Wereng coklat)’ Nephotettix virescens (Wereng hijau) dan sebagai tempat meletakkan telur serangga yang berukuran kecil; serta berasosiasi dengan musuh alami Opius sp., Lycosa pseudoannulata (Laba-laba), dan Oechephilla smaragdina).



o Vernonia cinerea (Sawi langit) berasosiasi dengan hama Nilaparvata lugens, Nephotettix virescens, Musca domestica dan Aphis sp. serta musuh alami Coccinella sp. dan Diadegma semiclausum (parasitoid Plutella xylostella)

o Sida acuta sebagai shelter Aphis gossypi dan disukai oleh Nilaparvata lugens. Berasosiasi dengan musuh alami Diadegma semiclausum.

o Sida rhombifolia sebagi anang alternatif Aphis.

o Hedyotis corymbosa merupakan shelter dan sumber nektar bagi serangga ordo hemynoptera misalnya lebah penyerbuk dan lebah madu (Aphis mallifera) karena tumbuhan ini mempunyai bunga yang menarik, serta berasosiasi dengan musuh alami Coccinella sp.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Pengikut