dijamin jitu.........................

Minggu, 02 Agustus 2009

Podosphaera leucotricha

Nama Patogen : Podosphaera leucotricha
Golongan : Cendawan Tingkat Tinggi

Klasifikasi :
Kingdom : Fungi
Phylum : Ascomycota
Class : Pyrenomycetes
Order : Erysiphales
Family : Erysiphaceae
Genus : Podosphaera
Species : Podosphaera leucotricha

Siklus Hidup :
Konidiofor umumnya mulai membentuk konidium pada pukul 15.00. Pukul 6 pagi berikutnya konidium membentuk rantai yang terpanjang. Konidium mulai dipencarkan pukul 9, dengan pemencaran maksimum antara pukul 12 dan 13. Konidium dipencarkan oleh angin. Konidium yang jatuh pada daun muda mulai berkecambah setelah 6 jam, dan setelah 96 jam jamur sudah dapat membentuk konidium baru.

Tanaman inang : Apel



Gejala serangan :
Gejala penyakit dapat timbul pada daun, ranting, bunga, dan buah. Pada bagian yang terserang, jamur membentuk lapisan putih seperti beledu bertepung, yang terdiri dari miselium, konidiofor, dan konidium jamur.
Gejala segera tampak setelah kuncup berkembang menjadi daun dan tunas baru. Daun yang sakit parah menggulung, kerdil, keras, dan rapuh, diselimuti oleh miselium jamur, akhirnya rontok. Gejala awal pada daun yang sakit adalah terbentuknya becak-becak kecil, bertepung, berwarna putih atau putih kelabu pada sisi bawah daun, tetapi setelah berkembang kedua sisi daun dan ranting tertutup oleh lapisan bertepung.

Sumber :
Agrios, George N. 1996. Ilmu Penyakit Tumbuhan Edisi Ketiga. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Semangun, Ir Haryono. 1989. Penyakit- Penyakit Tanaman Hortikultura Di Indonesia. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Sinaga, Suradji Meity Ir. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Penyakit Tumbuhan. Penebar Swadaya, Jakarta.

Tjahjadi, Ir Nur. 1989. Hama dan Penyakit Tanaman. Kanisius, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

Pengikut